PRIMACOM Bangga Menggunakan Server Ubuntu

Jadi keinget, sebuah poster yang bertengger di salah satu tembok kantor saya saat ini:

PRIMACOM Bangga Menggunakan Server Ubuntu

Sorry gambarnya jelek soalnya dulu mbikinnya pas masih pake Adobe InDesign (wadaow) dan sekarang file aslinya lagi nggak bisa dibuka... jadi PDF hasilnya dibuka trus di-skrinsut yah jadinya gitu deh.

Anyways daripada ada yang bertanya apakah itu Ubuntu, saya nyuplik aja dari situs Ubuntu Indonesia:

Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Ubuntu sendiri dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu dan kami mengundang Anda untuk turut serta berpartisipasi mengembangkan Ubuntu!

Maksudnya bebas itu sederhananya gratis! Bagi mereka yang lagi ketakutan dirazia polisi, bisa jadi alternatif kalo nggak sanggup membayar Windows+Office+dll. yang bisa memakan jutaan itu (bahkan puluhan juta kalo Anda juga pingin nginstall AutoCAD, CorelDraw, ...)

Lanjut:

Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu: bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya, bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.

Soal kompatibilitas hardware (perangkat keras):

Ubuntu cocok digunakan baik untuk desktop maupun server. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC (Intel x86), PC 64-bita (AMD64), PowerPC (Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5), Sun UltraSPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000).

Dan juga dukungan aplikasi:

Ubuntu menyertakan lebih dari 16.000 buah perangkat lunak, dan untuk instalasi desktop dapat dilakukan dengan menggunakan satu CD saja. Ubuntu menyertakan semua aplikasi standar untuk desktop mulai dari pengolah kata, aplikasi lembar sebar (spreadsheet) hingga aplikasi untuk mengakses internet, perangkat lunak untuk server web, peralatan untuk bahasa pemrograman dan tentu saja beragam permainan.

Pada posting selanjutnya saya membahas tentang contoh-contoh tampilan atau screenshot alias skrinsut Ubuntu in action. :-)

Category: 

Comments

pertama kali pake linux tuh jaman taun ng...94.Kesan pertama, ya merepotkan.
jauh de pasti dengan Linux yang sekarang.

udah nyoba ubuntu?
udah.
aku udah.
pertama dan terakhir waktu di Bali sekitar bulan Maret.
appearance-nya sih not bad lah..tapi berhubung aku sangat-sangat ga familiar dengan yang ini..ujung2nya mengerutkan dahi karena mau cepat eh malah jadi lambat deh gw kerjanya.. :(

gw ga nyalahin ubuntu-nya. tapi emang gw nya yang rada gaptek sama yang ini..
secara warnet di Bali mahalnya menusuk hati..ujung2nya gw stress sendiri..hahahahhaa..

salut deh sama primacom dan hendy yah yang bener2 jadi ubuntu-ers sejati :)
kalo semua orang dah rajin pake yang freeware, mungkin Microsoft bakalan tersentuh hatinya untuk turut "men- discount" harga OS nya itu :P

**wake up adara!!** :P